Rabu, 14 Desember 2011

Menjalankan Linux melalui USB Stick di Komputer Windows dengan Linux Live USB Creator


Kini kita bisa menjalankan linux secara langsung di komputer windows hanya dengan menggunakan USB flash disk saja! tidak harus menginstall linux dalam partisi tersendiri. Linux Live USB Creator atau yang lebih populer dikenal dengan LiLi USB creatorlah yang akan membantu dalam  mewujudkan keinginan tersebut.


Dengan menggunakan Linux Live USB Creator,  secara langsung kita bias menjalankan linux di komputer windows anda tanpa harus melakukan reboot, instalasi dsb. ini karena Linux Live USB Creator ini merupakan software virtualisasi Linux yang memanfaatkan USB flash drive sebagai media bootingnya.

Linux Live USB Creator memiliki berbagai fitur sebagai berikut:

1. Karena menggunakan Live USB, maka kita bisa menyimpan data dan menginstall software di sistem operasi linux . Ini berbeda ketika kita menggunakan Live CD yang tidak memungkinkan  untuk menyimpan data dan menginstall software di linux tersebut.

2. Kita bisa menggunakan Linux secara langsung di komputer windows  tanpa harus melakukan reboot dll. Fungsinya tidak jauh berbeda dari VirtualBox.

3. Mendukung hampir semua versi linux yang ada seperti Ubuntu, Fedora, Debian, OpenSUSE, Mint, Slax, CentOS, ArchLinux, Gentoo, PCLinuxOS, Sabayon, BackTrack, Puppy Linux dan masih banyak lagi. Versi lengkap linux yang didukung oleh Linux Live USB Creator bisa kita baca disini:
http://www.linuxliveusb.com/en/supported-linuxes

4. Dilengkapi dengan SmartClean untuk menguninstall secara tuntas Live USB yang tidak  diinginkan. Serta dilengkapi pula dengan SmartDownload untuk mendownload Linux dengan versi yang diinginkan.

5. Linux Live USB Creator akan memberitahu kita ketika sebuah file ISO linux corrupt.

6. Linux Live USB Creator menyembunyikan semua file instalasi Linux di USB stick sehingga tampak bersih, yang tampak hanyalah 2 key yang bisa anda akses untuk menjalankan linux tersebut.

7. Mampu memberikan auto update di linux kita jika versi terbaru dari linux yang digunakan telah dirilis.

8. Mudah digunakan baik oleh pemula maupun oleh expert.

Cara menggunakan Linux Live USB Creator atau yang lebih sering disebut sebagai LiLi USB Creator ini sangatlah mudah, cukup ikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan USB Stick / USB flash Disk / USB flash drive anda yang memiliki format FAT32 atau FAT dan konekkan ke komputer windows anda.

2. Download dan install Linux Live USB Creator disini:
http://linuxliveusb.com/downloads/?version=stable

3. Buka Linux Live USB Creator, pilih USB yang akan anda gunakan, pilih lokasi source installer linux anda (ISO/IMG/ZIP, CD atau langsung download), tentukan bersarnya ukuran persistence (ukuran disk space), centang opsi yang anda inginkan, dan kemudian jika sudah langsung saja klik tombol yang berlogo petir.


4. Tunggu hingga proses selesai. USB Live Liux Key anda siap untuk anda gunakan.

5. Didalam folder VirtualBox yang ada di USB stick anda, terdapat 2 aplikasi key yaitu VirtualBox.exe dan Virtualize_This_Key.exe.
Jika anda menjalankan VirtualBox.exe, maka tampilan virtual box akan muncul dan Linux siap anda gunakan melalui virtualbox.




Jika anda menjalankan Virtualize_This_Key.exe, maka Linux anda akan secara otomatis terbuka tanpa melalui virtualbox.


Dengan menggunakan Linux Live USB Creator ini anda bisa menjalankan linux di komputer windows anda dengan mudah. Cukup siapkan USB flashdisk dan install Linux Live USB Creator, maka anda sudah bisa menggunakan linux versi apapun di komputer windows anda!

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar